5 Alasan Timnas Kroasia Akan Juara Piala Eropa 2020, Nomor 1 Faktor Terkuat

PIALA Eropa 2020 bakal berlangsung pada 12 Juni hingga 12 Juli 2021 di 11 kota berasal dari 11 negara berbeda. Banyak tim kuat ikut ambil anggota didalam turnamen sepakbola terbesar di Benua Biru itu.

5 Alasan Timnas Kroasia Akan Juara Piala Eropa 2020, Nomor 1 Faktor Terkuat

Akan tetapi, ada satu tim yang patut diwaspadai di Piala Eropa 2020, yakni Kroasia. Meski belum pernah menggapai trofi di ajang internasional, Vatreni -julukan Timnas Kroasia- sering memicu kejutan seperti saat jadi finalis Piala Dunia 2018.

Prestasi lebih besar kemungkinan diraih Kroasia di Piala Eropa 2020. 

Berikut lima alasan Kroasia bakal juarai Piala Eropa 2020

dikutip berasal dari okebola, Selasa (1/6/2021).

5. Kroasia Berada di Grup yang Menguntungkan

Kroasia tergabung di Grup D bersama dengan Inggris, Republik Ceko, dan Skotlandia. Tim terkuat di Grup D adalah Kroasia dan Inggris sehingga mereka berpeluang besar untuk lolos ke babak 16 besar.

Jika dapat lolos sebagai juara Grup D, Kroasia bakal melawan tim kronologis ke dua berasal dari Grup F (salah satu berasal dari Portugal, Prancis, Jerman dan Hungaria). Setelah lewat 16 besar, Kroasia kemungkinan besar bakal melawan Spanyol di perempatfinal dan Belanda di semifiinal.

Spanyol dan Belanda diperkuat para pemain yang minim pengalaman di turnamen besar. Alhasil, peluang Kroasia melaju hingga final cukup besar. Setelah gagal di final Piala Dunia 2018, ini peluang Kroasia untuk menggapai trofi pertamanya.

4. Zlatko Dalic di Kursi Pelatih

Zlatko Dalic adalah juru taktik yang memimpin Kroasia di Piala Dunia 2018. Dalic, yang pada mulanya melatih klub-klub kecil di Albania, Arab Saudi, UEA dan Kroasia, dapat membawa Vatreni hingga final Piala Dunia 2018.

Meski Kroasia tidak jadi juara, kesuksesan itu memicu Dalic bertahan di kursinya hingga sekarang. Tangan dingin Dalic bakal kembali jadi andalan Kroasia untuk mengalahkan setiap tim di Piala Eropa 2020.

3. Pengalaman di Turnamen Besar

Kroasia perlahan-lahan mulai menandai diri mereka sebagai tidak benar satu kapabilitas sepakbola di Eropa. Sejak merdeka terhadap 1990, prestasi terbaik Kroasia adalah menempati peringkat tiga di Piala Dunia 1998 (pada keikutsertaan pertama) dan jadi runnerup di Piala Dunia 2018. Di Piala Eropa, Kroasia dapat menyentuh perempatfinal terhadap edisi 1996 dan 2008.

Kroasia belum pernah jadi juara, tetapi pengalaman mereka, khususnya di Piala Dunia 2018, memicu Vatreni jadi salah satu tim unggulan di Piala Eropa 2020. Sejarah baru kemungkinan dicatatkan Kroasia di Piala Eropa 2020.

2. Kroasia Punya Gelandang Terbaik di Eropa

Kroasia diperkuat oleh barisan gelandang-gelandang yang dapat dikatakan terbaik di Eropa. Lini tengah Kroasia diperkuat pemain-pemain berkwalitas seperti Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Mateo Kovacic (Chelsea), dan Mario Pasalic (Atalanta).

Modric, 35 tahun, adalah yang paling berpengalaman di pada para gelandang itu. Jika menilik para pemain itu, Kroasia jadi tim yang cukup mengerikan di Piala Eropa 2020.

1. Generasi Emas Kroasia

Kroasia tampil bersama dengan generasi emasnya saat jadi runnerup di Piala Dunia 2018. Kini, beberapa pemain berasal dari generasi itu masih bermain di Piala Eropa 2020, seperti Luka Modric (Real Madrid), Ivan Perisic (Inter Milan), Dejan Lovren (Zenit Saint Petersburg), dan Marcelo Brozovic (Inter Milan). 

Para pemain itu bakal dikombinasikan bersama dengan talenta-talenta muda yang dibawa Zlatco Dalic ke Piala Eropa 2020. Kombinasi pengalaman dan kualitas jadi salah satu senjata Kroasia. 

Lebih baru Lebih lama
close