5 Stadion Terbesar di Asia Tenggara Versi AFC, Nomor 1 Kebanggaan Indonesia

LIMA stadion terbesar di Asia Tenggara, tidak benar satunya tersedia di Indonesia. Stadion sendiri jadi tempat yang amat penting untuk menyelenggarakan sebuah pertandingan olahraga. 

Stadion gelora bung Karno Jakarta

Beberapa stadion dibangun Secara megah sehingga mampu menampung jumlah penonton yang besar.

Banyak dari stadion moderen dan megah berikut miliki papan skor, dan mengfungsikan tekonogi terkini. Namun, olahraga yang dimainkan di stadion selamanya yang jadi energi tarik utama.

Baca juga : 7 Pemain Real Madrid Pergi Gara-Gara Kylian Mbappe, salah satunya Ramos

Berikut 5 stadion terbesar di Asia Tengara merangkum dari laman AFC:

5. Stadion Rajamangala (Thailand)

Dibuka pada tahun 1998 menjelang Asian Games ke-13, Stadion Rajamangala adalah rumah bagi tim nasional Thailand dan merupakan tempat olahraga terbesar di negara Asia Tenggara itu. Stadion tersebut miliki kapasitas 49.722.

Kompleks ini memuat stadion di dalam ruangan berkapasitas 6.500, kolam renang dan beraneka fasilitas olahraga lainnya, sementara itu juga terdapat rumah bagi banyak otoritas dan federasi olahraga Thailand juga.

4. Stadion Australia (Sydney, Australia)

Stadion Australia dibangun sebagai venue untuk Olimpiade Sydney dan Paralympic Games 2000. Awalnya berkapasitas 110 Ribu penonton, pada tahun 2003 mengalami renovasi bersama kurangi kapasitas jadi 83.500. 

Setelah renovasi, Stadion Australia mampu mengakomodasi beraneka olahraga, juga sepakbola, rugby, dan kriket.

Stadion Australia jadi tuan rumah Piala Asia AFC 2015. Dalam laga final sebanyak 76.385 penonton melihat Socceroos mengalahkan Korea Selatan 2-1 di final.

Baca juga : Tinggalkan Everton, Carlo Ancelotti Resmi Jadi Pelatih Real Madrid Hari Ini

3. Stadion My Dinh (Hanoi, Vietnam)

Stadion My Dinh adalah tempat serbaguna yang terdapat 10 kilometer di sebelah barat pusat Hanoi. Stadion yang berkapasitas 40.192 orang ini diakses terhadap tahun 2003 dan digunakan untuk Piala Asia AFC 2007

Pembangunan venue dimulai pada 2002 dan secara resmi diakses pada 2 September 2003, sementara jadi tuan rumah pertandingan persahabatan pada Vietnam U-23 dan tim Liga Super China Shanghai Shenhua. Itu

2. Stadion Nasional (Bukit Jalil, Malaysia)

Stadion Nasional telah jadi tuan rumah beberapa pertandingan sepak bola ASEAN yang paling menarik serta Piala Asia AFC edisi 2007 yang bersejarah.

Stadion nasional berkapasitas 100.000 berada di selatan Kuala Lumpur dan merupakan anggota dari Kompleks Olahraga Nasional di Bukit Jalil, yang dibangun untuk jadi tuan rumah Commonwealth Games 1998.

Pembangunan stadion dimulai pada tahun 1994 bersama tempat yang dinyatakan diakses terhadap bulan Juli 1998.

1. Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta, Indonesia)

Stadion Gelora Bung Karno yang memukau merupakan arena utama di di dalam Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno di Jakarta Pusat. Dengan kapasitas 80.000, stadion kondang ini sebagai tidak benar satu tempat olahraga paling dinamis dan unik di wilayah tersebut

Terbagi jadi 24 sektor dan miliki tribun atas dan bawah. Ciri khas stadion ini adalah atap baja megahnya yang membentuk cincin besar yang dikenal sebagai “temu gelang “ atau cincin gabungan.

Dibangun untuk jadi tuan rumah Asian Games keempat pada tahun 1962, Stadion Gelora Bung Karno dinamai sesuai denan nama Presiden pertama Indonesia, Soekarno, dan telah jadi tuan rumah sejumlah turnamen sepakbola dan pertandingan internasional seperti Kejuaraan Atletik Asia, sampai Asian Games 2018.

Baca juga : Hukuman Menanti Real Madrid, Juventus, dan Barcelona apabila Ngotot di Liga Super Eropa

Sumber dikutip dari laman resmi bola.okezone.com (2/6/2021)

Lebih baru Lebih lama
close