4 Penggawa Timnas Indonesia yang Belum Tampil di Piala AFF 2020: Mungkinkah Jadi Pembeda?

Dari 30 pemain Timnas Indonesia yang didaftarkan Shin Tae-yong pada Piala AFF 2020, empat di antaranya belum pernah diturunkan sejak fase grup hingga semifinal leg pertama.

Keempat pemain itu adalah Marckho Sandy Merauje, Ahmad Agung, Kadek Agung, dan Egy Maulana Vikri. Sebetulnya, ada satu lagi tenaga yang belum pernah dipakai, tetapi ia di posisi kiper, yaitu Muhammad Riyandi.

Sekarang, muncul pertanyaan apakah keempat pemain itu perlu diberi kesempatan bermain atau tidak? Dengan pertimbangan mereka sudah didaftarkan dan masuk dalam rombongan di Singapura.

Laga terdekat yang akan dijalani Timnas Indonesia adalah semifinal leg kedua melawan Singapura. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (25/12/2021), di National Stadium, Singapura.

Berikut ulasan empat pemain Timnas Indonesia yang belum pernah diturunkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020. Ulasan berdasarkan statistik mereka di kompetisi, dan kebutuhan strategi skuad Garuda di semifinal leg kedua nanti.

1. Marckho Sandy Merauje

Dalam skuad Timnas Indonesia saat ini, Marckho Sandy agaknya menjadi pilihan ketiga di posisi bek kanan. Dua pemain lainnya adalah Asnawi Mangkualam, dan Rizky Dwi Febrianto.

Untuk menggeser posisi Asnawi tampaknya sangat sulit. Sebab, pemain Ansan Greeners itu merupakan bek kanan utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, dan penampilannya sangat dipercaya oleh Shin Tae-yong.

Marckho Sandy yang merupakan pemain Borneo FC ini dipanggil ke Timnas Indonesia karena memiliki statistik yang lumayan bagus. Ia sudah mencatat sembilan pertandingan di BRI Liga 1 2021/2022, dengan 587 menit bermain.

Tapi melihat gentingnya pertandingan yang sudah masuk semifinal, sepertinya Marckho Sandy belum akan diberi kesempatan. Sebab, Shin Tae-yong bakal lebih mempercayai Asnawi yang juga statusnya adalah wakil kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

2. Ahmad Agung

Menumpuknya stok gelandang berkualitas dalam barisan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 membuat Ahmad Agung harus sabar menanti kesempatan bermain. Dalam lima pertandingan yang sudah dijalani skuad Garuda di turnamen ini, ia hanya diparkir.

Di barisan gelandang Timnas Indonesia yang posisinya sama dengan Ahmad Agung, ada Syahrian Abimanyu, Evan Dimas Darmono, Rachmat Irianto, hingga Ricky Kambuaya. Mereka yang selama ini lebih banyak dapat kesempatan bermain.

Karena belum pernah diturunkan, bahkan dalam pertandingan mudah melawan Kamboja dan Laos pada babak penyisihan Grup B, peluang Ahmad Agung untuk bermain di semifinal leg kedua nanti sepertinya susah didapatkan. Sebab, laga ke depan sudah jadi penentu nasib Timnas Indonesia bisa ke partai final atau tidak.

3. Kadek Agung


Satu lagi pemain di posisi gelandang yang belum sekalipun diturunkan Shin Tae-yong adalah Kadek Agung. Pemain Bali United ini baru dapat kesempatan untuk berlatih dan berlatih, selama penyelenggaraan Piala AFF 2020.

Peran Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya, hingga Rachmat Irianto yang tampak besar dalam permainan Timnas Indonesia bakal sulit disaingi Kadek Agung. Apalagi sekarang sudah masuk fase semifinal dan menuju leg kedua.

Oleh karena itu, Kadek Agung lebih baik melupakan hasrat untuk bisa diturunkan dalam pertandingan semifinal leg kedua nanti. Shin Tae-yong pasti akan mengutamakan para gelandang yang selama ini sudah banyak bermain.

4. Egy Maulana Vikri

Nama satu ini bukan karena kualitas yang jadi penyebab belum diturunkan selama Piala AFF 2020. Tapi lantaran klubnya, FK Senica baru bisa melepas setelah 18 Desember 2021.

Kemudian untuk masuk ke Singapura juga harus melalui prosedur kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Tapi sekarang, Egy sudah bergabung bersama Timnas Indonesia di Negeri Singa.

Ia berpeluang besar untuk diturunkan di semifinal leg kedua nanti. Harapannya bisa menambah variasi serangan di posisi yang ditempatinya, yaitu penyerang sayap.

Sumber : bola.com

Lebih baru Lebih lama
close