Link streaming Singapura Vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021) National Stadium, Kallang. Menarik untuk dinanti kejutan apalagi yang bakal diperagakan anak asuh Shin Tae-yong.

Piala AFF 2020 menjadi edisi kesekian buat Timnas Indonesia memutus label 'raja runner-up'. Tidak heran, mengikuti 'Piala Dunia ASEAN' sejak 1996, prestasi terbaik Merah Putih hanyalah finis di posisi kedua

Pada Piala AFF 2020, Shin Tae-yong punya banyak variasi formasi. Arsitek asal Korea Selatan itu memakai tiga pakem berbeda selama menuntun Timnas Indonesia melewati babak penyisihan.

Bergagam pakem digunakan, mulai dari 4-1-4-1 ketika menghajar Kamboja 4-2 dan Laos 5-1. Ia bahkan mengubah formasinya menjadi 5-4-1 kala mengimbangi Vietnam 0-0.

Pelatih berusia 52 tahun itu kembali memainkan pakem yang berbeda menjadi 4-4-1-1 saat mengganyang Malaysia 4-1. Itu artinya, Timnas Indonesia dibekali banyak taktik ketika bertanding.

Bicara head to head di Piala AFF, Timnas Indonesia pantas menunduk malu. Pasalnya, dari sembilan pertemuan di kompetisi ini, Singapura memenangi lima di antaranya.

Pada pertemuan terakhir, tepatnya Piala AFF 2018, Timnas Indonesia bahkan bertekuk lutut 0-1 atas Singapura. Adapun dua kemenangan Merah Putih didapat pada Piala AFF 2016 dan 2012.

Berbekal catatan tersebut, pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, sesumbar sudah mengantongi kelemahan Timnas Indonesia jelang bentrok kedua tim di semifinal Piala AFF 2020.

"Saya sudah membuat rencana spesifik. Kami telah menemukan titik lemah mereka dan punya solusi untuk mengatasi gaya main Timnas Indonesia," kata Yoshida, dalam sesi konferensi pers sebelum pertandingan, seperti dikutip dari Zing, Selasa (21/12/2021). 

"Kami tak akan membocorkan lebih banyak, hanya mau bilang kami akan berusaha mengurangi kesalahan untuk mengalahkan mereka dengan permainan tim." 

Sementara itu, Shin Tae-yong menganggap partai kontra Singapura seperti final Piala AFF 2020.

"Mulai dari partai ketiga melawan Vietnam lalu Malaysia, juga di semifinal dan final Piala AFF, semua pertandingan kami anggap final," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual sebelum bertanding, Selasa (21/12/2021).

"Saya selalu memberikan motivasi kepada para pemain muda. Saya tegaskan kepada para pemain harus bekerja keras dan bermain maksimal dalam setiap pertandingan," jelas Shin Tae-yong.

Prakiraan Susunan Pemain

Singapura (4-1-4-1): Hassan Sunny; Zulfahmi Arifin, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, Zulgarnaen Suzliman; Hariss Harun; Faris Ramli, Shahdan Sulaiman, Hani Syahin, Shawal Anuar; Ikhsan Fandi

Pelatih: Tatsuma Yoshida (Jepang)

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan: Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Jadwal Piala AFF 2020

Babak Semifinal :

  • 22 Desember 2021 : Singapura Vs Indonesia
  • 23 Desember 2021 : Vietnam Vs Thailand
  • 25 Desember 2021 : Indonesia Vs Singapura
  • 26 Desember 2021 : Thailand Vs Vietnam

Babak Final :

1 Januari 2021


Berikut link streaming Singapura Vs Timnas Indonesia 

Klik Disini


Lebih baru Lebih lama
close