Alasan Shin Tae-yong Minta PSSI Batalkan Uji Coba Timnas Indonesia di Matchdays FIFA

Alasan Shin Tae-yong Minta PSSI Batalkan Uji Coba Timnas Indonesia di Matchdays FIFA

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membeberkan alasan mengapa Garuda tidak bermain di pertandingan FIFA March Day selama Maret 2022.

PSSI pada Selasa (3 Januari 2022) menyampaikan kepastian Timnas Indonesia tidak akan menggelar laga uji coba dalam agenda matchday FIFA melalui situs resmi federasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan Shin Tae-yong menulis kepadanya untuk tidak berpartisipasi dalam matchdays FIFA Maret ini.

"Menurut Shin Tae-yong, matchday FIFA pada Maret tidak efisien," kata Mochamad Iryavan.

"Itu karena dia juga memimpin tim U20 dalam persiapan Piala Dunia U20 2023, dengan pemusatan latihan di Korea Selatan," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

“Untuk itu, PSSI memahami permintaan Shin Tae-yong dan mendukung semua rencananya demi prestasi Timnas Indonesia,” imbuhnya.

Selain memilih fokus mempersiapkan Garuda muda, Shin Taiyong mengungkapkan target awal Timnas Indonesia sudah tercapai, yakni lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Gol itu terjadi setelah Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste dalam pertandingan matchday FIFA pada Januari lalu.

Lawan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia memang sudah dikenal luas. Mereka berada di Grup A bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa FIFA Matchday adalah salah satu rencana penting. Namun, karena tujuan telah tercapai, dia ingin Indonesia fokus pada agenda lain.

"Hari pertandingan FIFA sangat penting, tetapi kami telah mencapai tujuan kami untuk lolos ke pot 3 kualifikasi Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Timor Leste, meskipun banyak hal positif (Covid-19)," kata Shin Tae dari BolaSport-yong. com.

Pelatih asal Korsel itu mengatakan, timnya kini fokus untuk mengikuti Training Camp (TC) Timnas Indonesia U-19 yang akan digelar di Korsel.

Selama di negeri Ginseng itu, Kitty Eagle juga dijadwalkan melakoni laga uji coba bersama timnas Korea Selatan U20.

"Memang akan ada pertandingan melawan Korea Selatan U20," kata Shin.

Shin Tae-yong berkata: "Ketua dengan ini diminta untuk memahami bahwa ketua mengizinkan kami bermain melawan tim nasional U20 Korea Selatan karena itu sangat penting."

Timnas Indonesia U19 saat ini sedang menjalani latihan di Jakarta dan akan bertolak ke Korea Selatan pada 10 Maret 2022.

Rencana latihan Timnas Indonesia U19 Korsel dilakukan di dua kota, Provinsi Utara dan Daegu.

TC Timnas Indonesia di Gyeongsangbuk-do akan digelar mulai 13-24 Maret sebelum dilanjutkan di Daegu hingga 10 April 2022.

Lebih baru Lebih lama
close