Arhan Pratama memasuki Liga Jepang, Shin Tae-yong mendukung dengan Keyakinan

Arhan Pratama memasuki Liga Jepang, Shin Tae-yong mendukung dengan Keyakinan

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong membantu Pratama Arhan, dan ia akan mencicipi atmosfer persaingan di J2 League, divisi dua liga Jepang.

Pratama Arhan berhasil membobol liga Jepang berkat salah satu klub liga J2 yang ikut serta, Tokyo Verdy.

Tokyo Verdy secara resmi mengumumkan perekrutan Arhan Pratama pada 16 Februari 2022 melalui sebuah postingan di situs resmi klub.

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan bahwa Pratama Arhan merupakan pemain Asia Tenggara pertama yang diboyong oleh Tokyo Verdy.

Bagi Arhan Pratama, bermain di liga Jepang menjadi peluang sempurna untuk karirnya sebagai pemain profesional.

Meski demikian, bermain di Liga Jepang akan menjadi tantangan tersendiri bagi Arhan Pratama yang baru berusia 20 tahun.

Itu juga merupakan pengalaman pertama Arhan bermain untuk klub asing setelah memulai karirnya di PSIS Semarang.

Meski belum memiliki pengalaman profesional di klub asing, ia tetap yakin Pratama Arhan bisa bersaing dengan baik.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan keyakinannya pada langkah Pratama yang mendampingi Arhan.

Di mata Shin Tae-yong, Pratama Arhan memiliki salah satu unsur yang harus dimiliki seorang pemain profesional, yaitu disiplin.

Melalui disiplin ini, Shin Tae-yong percaya bahwa Arhan Pratama dapat bersaing dan menyeimbangkan suasana pertandingan sepak bola Negeri Sakura.

"Arhan sangat disiplin. Saya yakin dia bisa bersaing dengan baik di sana," kata Shin Tae-yong usai memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia U19 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (2/3/2022).

Setelah Shin Tae-yong menyatakan dukungannya, dia mengungkapkan bahwa Pratama Arhan telah berdiskusi dengannya sebelum menerima proposal Tokyo Verdy.

Shin Tae-yong pun memberikan pendapatnya dan mengingatkan sekolah dasar Arhan tentang sepak bola Jepang agar sangat detail.

Pelatih asal Korea ini berharap Arhan Primary dapat mengambil banyak pelajaran dan menjadi contoh yang baik bagi sepak bola Indonesia.

"Sepak bola Jepang bisa membantunya menjadi pemain yang lebih fokus dalam pertandingan. Ke depannya, Al Khan juga bisa menjadi contoh bagi sepak bola Indonesia," kata Shin.

Pratama Arhan telah direkrut oleh Tokyo Verdy mulai Maret 2022 dengan kontrak dua tahun.

Tokyo Verdy adalah salah satu klub paling sukses di Jepang, dengan dua gelar liga J1, lima Piala Kaisar, enam Piala J-League dan Liga Champions Asia.

Didirikan pada tahun 1969 ketika klub bernama Yomiuri Football Club, pertama kali diturunkan ke Divisi II pada tahun 2005.

Setelah itu, Tokyo Verdi sempat kembali ke liga J1 di divisi pertama liga Jepang tahun 2008, dan baru sekarang kembali ke liga J2.

Lebih baru Lebih lama
close